//
you're reading...
Paper

Laporan Praktek Kerja Nyata

Laporan Praktek Kerja Nyata

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

HOTEL                      : AMANUSA RESORT NUSA DUA

                        DEPARTEMENT   : Food & Beverage Service

                        SEKSI                                    : WAITER

OLEH :

                        NAMA                                   : I MADE ARI SUGITA

                        NIM                                        : 09109124

                        PROGRAM                           : CRUISE LINE

                        PROGRAM STUDY                        : WAITER

                        KELAS                                  : D

                        SEMESTER                          : II (dua)

SEKOLAH PERHOTELAN BALI

2009/2010

KATA PENGANTAR

 

Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.

Penulis menyusun laporan ini sebagai pertangungjawaban kepada pihak hotel yang menyangkut segala tugas dan tanggungjawab selama melaksanakan Praktek kerja nyata khususnya di F&B Department Amanusa Resorts Nusa Dua.

Adapun tujuan penulis menyusun laporan ini adalah untuk memberikan gambaran secara jelas tentang latar belakang, tujuan dan manfaat pelaksanaan Praktek Kerja Nyata, landasan teori mengenai pengertian hotel, restoran, tata hidangan, bar waiter/ss, gambaran umum mengenai Amanusa Resorts Nusa Dua.

Penyusun menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini, penulis mendapat banyak bantuan serta dukungan dari berbagai pihak. Maka pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Seluruh staff Amanusa Resort Nusa Dua yang mendukung secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Kedua orang tua saudara-saudara penulis yg turut berdoa dan membantu dalam penyusunan laporan.
  3. seluruh pihak yg turut membantu dalam penyusunan laporan dan pelaksanaan Praktek Kerja Nyata.

Semoga segala bantuan baik secra moril maupun materi yang telah dberikan kepada penulis akan mendapat pahala yang sepadan dari Tuhan Yang Maha Esa

Penulis menyadari dalam penyusunan dan penulisan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.

Penulis berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang memerlukan.

Denpasar, september 2010

Penulis

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………………  i

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………..  iii

BAB I. PENDAHULUAN …………………………………………………………………………..  1

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………………………  1
  2. Tujuan dan Manfaat ……………………………………………………………………. 2

BAB II. LANDASAN TEORI ……………………………………………………………………… 3

  1. Pengertian Hotel …………………………………………………………………………. 3
  2. Pengertian Restoran ……………………………………………………………………. 4
  3. Pengertian Tata Hidangan ……………………………………………………………. 5
    1. Definisi Restoran …………………………………………………………….. 6
    2. Jenis-jenis restoran ………………………………………………………….. 6
  4. Pengertian bar ……………………………………………………………………………. 9
    1. Definisi Bar …………………………………………………………………….. 9
    2. Jenis-jenis Bar …………………………………………………………………. 9
  5. Pengertian waiter/waitress …………………………………………………………… 11

BAB III PELAKSANAAN …………………………………………………………………………. 12

  1. Gambara Umum …………………………………………………………………………. 12
    1. Sejarah Berdirinya Hotel …………………………………………………… 12
    2. Kepemilikan dan Lokasi Hotel …………………………………………… 14
    3. fasilitas yamg Dimiliki  Hotel ……………………………………………. 15
    4. Struktur Organisasi Hotel ………………………………………………….  16
    5. Struktur Organisasi F&B Department ………………………………. 16

B . Kegiatan ………………………………………………………………………………….. 18

C. Hambatan dan Pemecahan ………………………………………………………….. 41

1. Hambatan ……………………………………………………………………….. 41

2. Pemecahan ……………………………………………………………………… 41

D . Kerjasama/iklim kerja ………………………………………………………………. 42

1. Tujuan Kerjasama …………………………………………………………… 42

BAB IV PENUTUP ………………………………………………………………………………… 43

  1. Kesimpulan …………………………………………………………………………….. 43
  2. Saran – saran …………………………………………………………………………… 44
    1. Saran untuk Pihak Hotel ………………………………………………… 44
    2. Saran untuk pihak Kampus……………………………………………….44

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar Belakang Pelaksanaan Praktek kerja Nyata

Pelaksanaan praktek kerja industri merupakan hal yang sangat penting bagi sekolah – sekolah perhotelan khususnya mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Perhotelan Bali untuk membuka wawasan dan memperluas pengalaman mahasiswa serta mahsiswinya dalam industri pariwisata.

Mengingat perkembangan pariwisata yang terjadi saat ini, sumber daya manusia yang terampil dan profesional sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pangsa pasar akan tenaga kerja yang terampil dan profesional dalam bidang pariwisata khususnya perhotelan.

Dengan mengetahui kegiatan kerja industri perhotelan yang dilaksanakan melalui program praktek kerja industri, mahasiswa dan mahasiswi nantinya diharapkan mampu melaksanakan kegiatan kerja industri di lapangan dengan sebaik – baiknya dan bertanggung jawab dengan berbekal ilmu dan pengalaman yang didapat selama program praktek kerja industri berlangsung

.

  1. B.     Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata

Dalam penulisan laporan ini tentu memiliki tujuan dan manfaat baik secara umum maupun khusus. Adapun tujuan dan manfaat dari penulisan laporan ini adalah:

 

 

1. Tujuan

a)      Menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung ke industri.

b)      Membiasakan mahasiswa berdisiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

c)      Untuk mengetahui situasi kerja yang sebenarnya.

2. Manfaat

a)      Bagi Mahasiswa

-  Menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam bidang   kepariwisataan.

-  Meningkatkan ketrampilan dan profesionallisme kerja mahasiswa di dalam dunia kerja khususnya industri perhotelan.

b)      Bagi hotel

- Mengcover pekerjaan dari staf hotel

- Memberikan images ke publik dari apa yang kita beri

c)      Bagi Kampus

-    laporan PKN yang telah di kumpul nantinya dapat di pelajari adik-adik kelas yang selanjutnya

-    Kampus akan dapat meluluskan mahasiswa yang terampil karena sudah melaksanakan paraktek kerja nyata

-    Setidaknya dapat menambah images baik kampus

BAB II

LANDASAN TEORI

 

A. Pengertian Hotel

            Istilah – istilah pariwisata yang pada hakekatnya perlu diketahui dan maknanya terutama bagi mereka yang bekerja di industri pariwisata khususnya di bidang perhotelan. Kata hotel digunakan sejak abad 18 di London, Inggris sebagai Hotel Garni yaitu sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewa secara harian, mingguan, bulanan.

Dilihat dari asal katanya “hotel” berasal dari kata latin, yaitu “hospitium” artinya ruang tamu yang berada dalam monastery. Kata hospitium dipadukan dengan kata “hospes” dari bahasa Prancis, menjadi “hospice”. Dalam perkembangannya kata hospice berubah menjadi “hostel” lambat laun huruf  “s” pada kata hostel dihilangkan menjadi “hotel”. Hotel mulai diperkenalkan pada masyarakat umum sekitar tahun 1797. Setelah kemudian istilah hotel digunakan di Inggris sebagai rumah – rumah penginapan bagi orang yang bepergian disebut “inn” dalam terminology (ilmu mengenai definisi dan istilah) resmi tidak ada perbedaan definisi antara hotel dan inn.

Pengertian hotel menurut Hotel  Proprietors Acc, 1956 adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan dan minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang – orang yang sedang melakukan perjalanaan dan mampu membayar dengan jumlah wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus. Sedangkan menurut Aan surachman Dimyati, SH (1989, 31), hotel merupakan sebuah bentuk akomodasi yang dibangun dan dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh makan dan minum serta pelayanan lainnya.

Sejalan dengan pendapat di atas, di dalam buku managing front Office Operations dari AHMA (American Hotel & Motel Association) yang ditulis oleh Charter E. Steadmon dan Micheal L. Kasarana diseut bahwa hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan memberikan fasilitas penginapan umum dengan fasilitas  pelayanan seperti pelayanan makanan dan minuman, pelayanan kamar, pelayanan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas peralatan dan menikmati hiasan – hiasan do dalamnya .

Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada dan menggunakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penumpang lainnya yang disediakan bagi umum serta dikelola secara komersial.

B. Pengertian Restoran

            Restoran merupakan jenis usaha komersial yang kegiatannya menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional.

Pelayanan yang terbaik di sebuah retoran akan menimbulkansuatu kepuasan terhadap tamu dalam hal pelayanan makanan dan minuman. Dengan semakin berkembangnya dunia kepariwisataan peran restoran tidak dapat dipisahkan dan mutlak harus terpenuhi kepada wisatawan. Kebutuhan makan dan minum dimnapun dan kapanpun mereka berwisata. Untuk menjawab permasalahan wisatawan ini salahsatu alternatif yang dikemukakan yaitu dengan menyediakan tempat makan dan minum yaitu restoran. Restaurant berasal dari kata restaurer yang artinya memulihkan. Restoran adalah salah satu jenis usaha pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan yang permanent, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, dan memenuhi ketentuan – ketentuan persyaratan.

C. Pengertian Tata Hidangan

            Tata hidangan merupakan salah satu kegiatan pokok yang memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada para tamu.

Tata hidangan tidak asing lagi kita dengar khususnya di daerah pariwisata. Secara umum, yang dimaksud tata hidangan adalah sesuatu yang di inginkan, baik berupa makanan dan minuman yang di tata dan dihias sehingga kelihatan menarik. Jadi, tata hidangan itu menata, menghias, dan menghidangkan makanan dan minuman, baik di rumah atau di luar rumah (restaurant, bar, dan sebagainya).

Dalam dunia perhotelan tata hidangan ditangani oleh departemen khusus yaitu Food & Beverage Department yaitu suatu departmen yang ruang lingkupnya cukup luas yang bertnggung jawab atau suply,  produksi, serta menghidangkan makanan dan minuman. Tata hidangan disini ditangani oleh Food & Beverage service section. Jadi, tata hidangan di sebuah hotel adalah suatu ilmu yang dipelajari dan diterapkan untuk menata, menghias, serta bagaimana menyajikan manakan dan minuman dari awal hingga akhir menu menikmati makanan. Dengan prosedur atau standar yang diterapkan manajemen hotel bersangkutan untuk mencapai tujuan keuntungan secara wajar secara objective dan efesien.

C.1. Definisi Restaurant

Menurut Prok Vance Khristian tahun 2000, restauran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasikan secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan maupun minuman.

Menurut Marsum, WA (1991:7) menyatakan bahwa : “restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasikan secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan maupun minuman”. Sedangkan menurut Agus Nawar (2000:15) menyebutkan bahwa : “pada dasarnya restoran adalah bagian dari suatu hotel yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan makanan dan minuman untuk para tamu yang menginap dan untuk makan dan minum”. Jadi, dari pengertian tersebut secara umum yang dimaksud dengan restoran adalah suatu bangunan yang dikelola secara komersial yang menyediakan layanan makanan dan minuman.

C.2. Jenis – jenis Restaurant

Jenis – jenis restauran dibagi menjadi 3 bagian diantaranya:

Restaurant formal adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan pelayanan yang ekslusif.

 

Formal restaurant dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Main restaurant (dining room) yang mempunyai ciri – ciri :
    • Location in hotel
    • Resident guest to be served
    • Good quality of equipment and services
    • Open breakfast, lunch, or dinner
    • Closed around midnight
    • Entertaiment : Band, Orchestra during meal hours
    • A’la carte or table d’hote Menu
    • Good decoratiaon and atmosphere

2. Grill Room  / Grill House yang mempunyai ciri – ciri :

  • Location in luxury hotel
  • Non resident guest, large turn over of customer
  • Menu fish, chicken, steak grills on open ranges short slection on first course and relaxed
  • Atmosphere is pleasant and relaxed
  • Entertaimant : piano, players and viiolinist
  • Open lunch time : 12am – 3pm
  • Open dinner time : 7pm – 1am

3. Supper Club yang mempuanyai ciri – ciri :

  • Guest : formal dress (coat and tie for gentleman and long dress for lady
  • Open : lunch and dinner
  • A’la carte menu, high price
  • High qualified personal/high skill
  • Entertaimant : band, dance floor
  • Efficient service and delicious food

Restaurant non-formal adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan lebih mengutamakan kecepatan pelayanan, kepraktisan dan percepatan frekuensi yang silih berganti pelanggan.

Non – formal restaurant dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Coffee Shop yang mempunyai ciri – ciri :
    • Location in hotel or outside hotel
    • Table service restaurant
    • Menu light meal (easy preparation)
    • Fast, quick and simple service
    • Low experience of personal
    • Open 24 hours a day in hotel
  2. Cafe / Cafetaria yang mempunyai ciri – ciri :
  • Location : in hotel, hospital, school, office, etc
  • Easy preparation of menu (large turn over)
  • Fast food service
  • Interior / decoration authentic and typical carring the name restaurant
  • Special dishes from the country
  • Special characters
  1. Speciality Restaurant yang mempunyai ciri – ciri :

 

 

D. Pengertian Bar

D. 1 Definisi Bar

Di negara – negara maju seperti Eropa maupun Amerika bar digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah setelah menyelesaikan pekerjaan dikantor sambil menikmati minuman, ngobrol dengan teman, bersuka ria dan sekaligus sebagai tempat untuk mendapatkan teman baru. Bar merupakan tempat dimna kita bisa membeli dan menikmati minuman. Di samping hanya menjual minuman, kadang – kadang bar juga menyediakan makanan khususnya makanan ringan atau snack.

PP No. 24 1979 menyebutkan bahwa bar adalah usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menghidangkan minuman, baik minuman yang mengandung alkohol maupun tidak, untuk umum di tempat usahanya.

D. 2 Jenis – jenis Bar

Bar dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : (1) Plublic Bar atau Front Bar (2) service bar atau dispense bar.

1. Public Bar atau Front Bar

Public bar sesuai dengan namanya, adalah bar untuk umum, siapa saja boleh datang ke bar ini. Public bar bisa berlokasi di luar hotel, berdiri sendiri dan tidak menjadi bagian dari pada hotel. Para pembeli minuman atau tamu dapat secara langsung dilayani oleh petugas bar.

Ada banyak contoh – contoh dari public bar seperti :

  • Cocktail Bar

Cocktail bar mempunyai ciri dimana minuman yang dijual sangat bervariasi, khususnya minuman – minuman campuran dengan standar pekayanan dan kualitas minuman yang cukup baik. Biasanya pada cocktail bar terdapat hiburan – hiburan berupa musik yang ringan seperti pemain piano atau organ, trio gitar dan lain sebaainya.

  • Hight Club

Night club adalah bar yang hanya dibuka pada malam hari. Bar ini memiliki ukuran yang lebih luas dari pada bar yang lain, dimana didalam night club munkin didapatkan lebih dari satu bar. Night club biasa menyediakan tempat untuk melantai (dance floor), dan juga pertunjukan – pertunjukan seperti pemain band (live entertaimant). Para tamu bisa menikmati minuman sambil melantai sampai larut malam.

  • Snack Bar

Snack bar adalah bar yang disamping menjual minuma, juga menjual maknan – makanan ringan (snack). Pada umumnya pelayanan si snack bar mementingkan kecepatan, karena biasanya tamu yang datang ke snack bar adalah tamu yang tidak memiliki waktu cukup atau mereka dalam keadaan buru – buru.

  • Sunken Bar

Sunken bar adalah bar yang terletak menyatu dengan kolam renang di suatu hotel. Para tamu sambil berenang dapat memesandan menikmatinya di kolam renang tanpa harus keluar dari kolam renang. Minuman yang dijualpun bervariasi.

2. Service Bar atau Dispense Bar

Fungsi dari pad a service Bar atau Dispense Bar adalah untuk menyediakan minuman yang dipesan oleh para tamu di hotel baik yang ingin menikmati minumannya di restaurant atau dikamar. Jadi, bar ini tidak diperuntukkan bagi umum, tapi diperuntukan hanya bagi tamu yang tinggal di hotel. Minuman dipesan oleh para tamu melalui para waiter, baik restaurant waiter maupun room service waiter. Petugas bar hanya menyediakan minuman sesuai pesanan dari waiter tersebut, kemudia para waiter itulah yang akan menghidangkannya baik di restaurant maupun di kamar. Dengan demikian, petugas bar tidak bisa melayani para tamu ataupun pemesan minuman secara langsung. Lokasi dari pada service bar (dispense bar) berada pada area food & beverage service, di antara Restaurant, Bar, dan Room Service untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan.

E. Pengertian Waiter/ waitress

Waiter / waitress terkenal dengan sebutan “steward atau commis de rang”. Menurut Mersum WA (1991 : 90) menyebutkan bahwa : “pramusaji adalah karyawan atau karyawati dalam sebuah sertaurant yang bertugas menunggu tamu – tamu, membuat tamu – tamu merasa mendapat sambutan dengan baik dan nyaman, mengambil pesanan makanan dan miuaman serta menyajikan, serta membersihkan restaurant dan lingkungannya serta mempersiapkan meja untuk tamu berikutnya.

Jadi , dari pengertian di atas secara umum yang dimaksud pramusaji atau waiter/waitress adalah orang yang bertanggung jawab penuh dalam hal memberikan pelayanan makanan dan minuman terhadap tamu secara professional.

BAB III

PELAKSANAAN

 

  1. A.    Gambaran Umum

A.1. Sejarah Berdirinya Amanusa Resorts

            Amanresorts di bawah kepemilikan bapak Adrian Zecha pertama kali mendirikan Amanpuri yang berlokasi di Phuket Thailand, Amanpuri sebagai hotel pertama dari Amanresorts resmi di buka pada tanggal 1 januari 1988 dengan kapasitas 70 kamar.

Mengikuti kesuksesan dari pembangunan dari Amanpuri Amanresort yang di bawah kepemimpinan dari Bapak Adrian Zecha Mulai mendirikan beberapa resorts yang berlokasi di sejumlah negara negara seperti :

  1. Amankora ( Bhutan )
  2. Amansara ( Cambodia )
  3. Aman at Summer Place ( China )
  4. Amanfayun ( China)
  5. Le Melezin ( France )
  6. Aman New Delhi ( India )
  7. Amanbagh ( India )
  8. Aman I-Khas ( India )
  9. Amandari ( Indonesia )
  10. Amankila ( Indonesia )
  11. Amanusa ( Indonesia )
  12. Amanwana ( Indonesia )
  13. Amanjiwo ( Indonesia )
  14. Amantaka ( Laos)
  15. Aman sveti Stefan ( Montenegro )
  16. Amanjena  (Maroco )
  17. Amanpullo ( Philliphines )
  18. Amangalla ( Srilanka )
  19. Amanwella ( Srilanka )
  20. Amanpuri (Thailand)
  21. Amanyara ( Turkie)
  22. Amanghani (USA)
  23. Amangiri ( USA)

Melihat semakin pesatnya pertumbuhan pariwisata yang ada di Indonesia pada tahun 80 an telah menginspirasi Bapak Adrian Zecha untuk memulai bisnisnya di Indonesia, dia memilih beberapa tempat yang ada di Indonesia yang mempunyai daya jual tinggi untuk di bangun beberapa resorts, di mana nantinya para tamu yang akan berkunjung dapat menikmati budaya, tradisi dan ritual yang di padu dengan kenyamanan kedamaian dan keindahan.

Resort pertama yang di bangun di Indonesia  yaitu Amandari yang berlokasi di jalan kedewatan ubud, bali, selanjutnya di bangun Amankila yang berlokasi di Jalan manggis Karangasem bali, setelah sukses dengan dua resort di atas baru dibangunlah Amanusa resort yang berlokasi di bukit peninsula kawasan pariwisata nusa dua bali, dan 2 buah resorts lagi yang masing-masing berlokasi di luar bali yaitu Amanwana di Sumbawa dan Amanjiwo di jawa.

A.2 KEPEMILIKAN DAN LOKASI HOTEL

            Amanusa resorts di bangun dibali di prakarsai oleh Bapak Adrian Zecha juga di bawah kepemilikan beliau amanusa resort di arsiteki oleh arsitek asal singapura yaitu kerry hill.

Amanusa resort nuasa dua bali berlokasi di bukit peninsula kawasan pariwisata nusa dua bali.

Amanusa

P0 Box 33, Nusa Dua

Bali 80363 – Indonesia

Phone (62 361 ) 772 333 Fax. ( 62 361 )772 335

Amanusa@amanresorts.com

reservations@amanusa.com

www.amanusa.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.3 Fasilitas yang di Miliki Hotel

            Amanusa resort memiliki beberapa fasilitas yang di miliki hotel bintang lima lainnya antara lain :

  • Memiliki total 35 Suites
  • Garden Suites ( 7 )
  • Deluxe Suites ( 19 )
  • Pool Suites ( 8 )
  • The Amanusa Suites ( 1)
  • Restaurants :
  • 1 Swimming Pool/Main pool
  • 1 Ballroom
  • Spa Room dan Fitness center
  • 1 Clinic
  • 1 Store
  • Terrace Restaurant
  • Italian Restaurant
  • Bar
  • Beach Club

Amanusa resorts juga memiliki beberapa fasilitas olahraga yang dapat di nikmati oleh para tamu, fasilitas olahraga tersebut dapat di bagi menjadi 2 bagian antara lain :

1. Olahraga Darat :

  • Volley pantai
  • Tenis

2. Olahraga Air

  • Kayakking
  • Snorkeling

A.4. Struktur Organisasi Hotel

Organization Chart (struktur organisasi) adalah struktur bagan yang menggambarkan kedudukan, tugas dan tanggungjawab pekerja/karyawan hotel. Besar kecilnya suatu struktur organisasi, bergantung pada hotel yang dikelola oleh manajemen hotel tersebut.

Agar dapat tercapainya struktur organisasi yang baik, maka perlu adanya hubungan yang harmonis antara atasan dengan bawahannya itu sendiri sehingga terciptalah suasana yang nyaman sesuai dengan prosedur (sasaran) dari hotel tersebut.

A.5. Struktur Organisasi Food & Beverage Departement

Food & Beverage Departement adalah salah satu department yang merupakan bagian dari sebuah Hotel yang memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam proses persiapan, penyediaan, pembuatan, pengolahan serta penyajian makanan dan minuman kepada tamu baik yang menginap di hotel maupun yang tidak menginap di hotel.

Adapaun pembagiannya dapat dibagi 2 yaitu :

  1. F & B Service salah satu bagian dari F & B Departemen yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan, menyiapkan, serta menghidangkan makanan dan minuman kepada tamu.
  2. F & B Production adalah satu bagian dari F & B Departement yang bertugas dan bertanggung jawab dalam merencanakan, menyiapkan, dan mengolah makanan.

AMANUSA ORGANIZATION CHART

 

 

 

 

 

 

  1. B.     KEGIATAN

Pada saat melaksanakan praktek kerja selama 3 bulan di F&B Departemen, penulis diberikan kesempatan untuk membantu senior disamping juga belajar memahami menu-menu yang ada di Amanusa. Pembagian tugas dan tanggung jawab di outlet-outlet yang telah diberikan selama penulis melaksanakan program praktek kerja lapangan meliputi :

1. TERRACE RESTORAN

Merupakan restoran utama yang ada di amanusa resort yang melayani breakfast setiap pagi, selain itu Terrace restoran juga melayani Lunch dan Dinner, secara alacarte dengan pilihan menu makanan  Indonesian, Western dan Thai terrace restoran juga melayani private dinner disetiap kamar bila ada tamu yang melakukan order.

Restoran ini di buka dari jam 7.30 pagi sampai pukul 11.00 malam, Terrace restorant memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 55 tempat duduk.

1. Terrace Indonesian Breakfast

  • Nasi Goreng Or Mie Goreng

Stir Fried rice Or Egg noodles with Chicken & vegetable

  • Bubur Ayam

Rice porridge with chicken, egg and crispy shallot

2. Healthy Breakfast

  • Egg White Omelette

With fresh garden herbs and asparagus

  • Oatmeal Porridge

With skim milk and cinnamon

  • Low fat Muesli

With skim milk yoghurt and fresh fruit

  • Soy Milk Smoothie

With papaya, banana and orange juice

  • Cleansing Juice

Apple, grapefruit, watermelon

  • Healthy Juice

Beetroot, carrot, orange and apple

3. Fruit, Cereal, Yoghurt

  • Bircher muslie

With grated apple, hazelnuts, yoghurt, and strawberry

  • Toasted Muslie

Dried strawberry, and apple muslie with raspberry yoghurt

  • Tropical Fruit Plate

Selection of seasonal local fruit

  • Fruit Salad

Diced tropical fruits with fresh mint

  • Selection Of Cereal

Special k, rice bubbles, cornflakes or sultana bran with fresh strawberries or sliced banana

  1. 4.      Eggs
  • Amanusa Breakfast

Egg of your choice with grilled bacon, pesto tomatoes, sausages, potato roesti and mushrooms

  • Eggs Anystyle

With grilled sourdough ciabatta

  • Eggs Benedict

Ham or smoked salmon on English muffins with hollandaise

  • Baked Eggs

With crisply bacon spinach, onion eggs cream and parmesan

  • Bacon & Egg Burger

With sliced avocado and tomato and basil salsa

  • Croque Madame

Toasted sandwich with ham fried egg gruyere chesse

  • Pancakes

Plain with side of butter and maple syrup with cinnamon banana berry compote vanilla gelato and maple syrup

1. Terrace Indonesian Menu

STARTERS

  • Gado-Gado,

Indonesian mixed vegetable salad with fried tofu, boiled egg and peanut sauce.

  •  Rujak Manis

Javanese spicy fruit salad with tamarind dressing and cashew nuts

  • Selada Ayam Salak

Chicken salad with snake fruit, lemongrass, chili, and lemon basil

  • Martabak Daging

Savory beef pastries with beef mince and pickled cucumber

  • Udang Kelapa Selada

Grilled prawns with roasted coconut turmeric dressing and kemangi leaf

SOUPS

  • Kuah Bayem Tomat

Tomato and water spinach soup with chili, garlic and shallot

  • Soto Ayam

Chicken broth, glass noodles fried shallot celery and lime

MAINS

  • Ikan Bakar,

Grilled barramundi filletwith torch ginger, lemongrass, chili, and shallot sambal.

  • Tim Ikan

Steamed market fish fillet in banana leaf with baby eggplant, tomato salam leaf and seafood paste

  • Isi Laut Pedas

Seafood curry with prawns , mussels, squid and fish

  • Gulai Ayam

Spicy Javanese grilled chicken curry with coconut and lemongrass

  • Nyatnyat Celeng

Spicy braised pork with turmeric, garlic, shallots and coconut

  • Bebek Betutu

Balinese slow roasted duck in banan leaf with kencur lemongrass and salam leaf

  • Rendang

Semi dry beef curry with coconut milk chili and fresh turmeric

2. Terrace Thai Menu

            STARTERS

  • Miang Som o

Betel leaves filled with prawn, pamello, chili and ginger caramel

  • Larb Gai

Spicy minced chicken salad with lime juice and chili flakes

  • Nua Nam Tok

Salad char grilled beef with shallots roasted chili, lime and fresh mint

  • Yam Som O Pou Nim

Crispy soft shell crab with spicy  pink grapefruit salad and lime leaf oil

  • Phla Talay

Mixed seafood salad with onion coriander lemongrass and chili jam

 

 

SOUPS

  • Tom Kha Gai

Chicken and coconut milk soup with lemongrass galangal and lime

  • Tom Yam Goong

Hot and sour prawn soup with lime leaf lemongrass, and lime juice

MAINS

  • Goong Pad Nam Prik Pao

Wok fried ocean prawn with chili jam, spring onion and thai basil

  • Gang Leung Pla Bai Chapu

Yellow curry with barramundi fillet betei leaf lime leaves

  • Pla Neung Se-Ew

Steamed fish of the day with green peppercorns wild ginger long bean baby corn and holy basil

  • Gai Pad Kee Mao

Spicy wok fried chicken with green peppercorn wil ginger long bean and holy basil

  • Gang Ped Bhed Yang

Reed curry of roasted duck with lychee eggplants cherry tomato pineapple and thai basil

  • Gang Kuah Moo Sai Nor Mai

Red curry with pork bamboo shoots lime leaf red chili and thai basil

  • Gang Massaman Nua

Massaman curry of wagyu beef wit crispy shallot potato and peanut.

3. Terrace Western Menu

  • Gazpacho Soup

Chilled tomato soup wit avocado sorbet and basil oil

  • Hummus

Chic pea dip with kalamata olives and grilled pita bread

  • Vegetables Salad

Mixed  leaves with cerry tomatoes cucumber radish carrot fennel and lemon dil dressing

  • Amanusa Salad

Mixed organic leaves with honey roasted pumpkin.

  • Rocket Salad

Rocket leaves with crispy prosciutto, nashi pear gorgonzola walnuts and lemon mustard dressing

  • Smoked Chicken Salad

Smoked chicken breast with mixed leaves avocado red onion cherry tomato and lemon herb vinaigrette

  • Spaghetti

With prawns dried chili marinated capsicum conflict garlic, basil and baby spinach

  • Yellow Fine Tuna Steak

Grilled rarer with greek salad and lemon olive oil dressing

  • Margherita Pizza

Tomato sauce mozzarella basil

  • Pepperoni Pizza

Tomato sauce mozzarella and mint

  • Beef Burger

Wagyu beef pattie with onions lettuce tomato pickles and French fries

  • Steak Frites

Char-grilled angus beef battered fish of the day with frenc fries and tartare sauce

Dessert Menu

  • Mango Pannacotta

With citrus and mint salad

  • Chocolate Mud Pie

Chocolate cake and vanilla ice cream sandwich with chocolate sauce

  • Sorbet And Gelato

Served by the scoop with lemon tuile

  • Fruit Plate

Selection of tropical fruits

  • Es Teler

Ice chunk with fres coconuts jackfruit avocado and coconut milk

Coffee

  • De –caffeinated coffee
  • Espresso, long black
  • Bali coffee
  • Cappuccino, café latte

Tea

  • Early grey, English breakfast,

Darjeeling, jasmine green tea chamomile, jasmine rosella, fruit de la passion vanilla jar dine blue ginger tea lemongrass tea

Di Terrace Restoran terdiri dari 3 shift antara lain

1. Morning Shift (07.30 am – 03.00 pm) kegiatannya sebagai berikut

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

About these ads

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: