//
you're reading...
PUISI

Puisi Persahabatan

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

Puisi Persahabatan terbaru di tahun 2011. Kumpulan puisi persahabatan ini merupakan puisi kedua yang bercerita tentang persahabatan. Sebelumnya, saya juga pernah menuliskannya dalam puisi sahabat. Jadi, di artikel puisi persahabatan ini saya akan menampilkan beberapa contoh saja.

Nyanyian Sahabat

persahabatan adalah hidup
ia mengalir di darahku
bergetar di nadiku
berirama dengan tiap detak jantung

persahabatan adalah kokoh
setegar batu karang
seperti tembok cina
meski raga tumbang
ia akan selalu tegak dalam dada yang memendam langit

nyanyian ini untukmu kawan

untuk setiap gelas yang tak sempat kau teguk
untuk kebahagiaan yang belum lama kau rasakan
dari luka yang panjang

nyanyian ini untukmu kawan

untuk setiap langkah yang kau jejakkan
pada jalan-jalan takdir yang menggurat di telapak kaki
untuk kebersamaan kita di detik terakhir
dan untuk semua kebisingan ini

persahabatan adalah nyanyian
ia mengaun dalam setiap desah nafasku

Gen
Pangandaran, Januari 2010

Itu tadi puisi yang saya buat saat tahun baru kemarin. Bersama seorang sahabat yang jauh-jauh datang dari Bandung, Ryan Syahputera.

Nah, kalau yang kedua ini puisinya Kahlil Gibran yang bercerita tentang persahabatan.

Persahabatan – Kahlil Gibran

Dan jika berkata,
berkatalah kepada aku tentang kebenaran persahabatan?..
Sahabat adalah kebutuhan jiwa, yang mesti terpenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau panen dengan penuh rasa terima kasih.

Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.
Karena kau menghampirinya saat hati lapa dan mencarinya saat jiwa butuh kedamaian.
Bila dia bicara, mengungkapkan pikirannya,
kau tiada takut membisikkan kata “tidak” di kalbumu sendiri,
pun tiada kau menyembunyikan kata “ya”.

Dan bilamana ia diam, hatimu tiada ‘kan henti mencoba merangkum bahasa hatinya;
karena tanpa ungkapan kata,
dalam rangkuman persahabatan, segala pikiran, hasrat, dan keinginan terlahirkan bersama dengan sukacita yang utuh, pun tiada terkirakan.

Di kala berpisah dengan sahabat, janganlah berduka cita;
Karena yang paling kaukasihi dalam dirinya,
mungkin lebih cemerlang dalam ketiadaannya,
bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki,
nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya ruh kejiwaan.
Karena kasih yang masih menyisakan pamrih,
di luar jangkauan misterinya, bukanlah kasih, tetapi sebuah jala yang ditebarkan:
hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu,
biarlah dia mengenal pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu hingga kau senantiasa mencarinya,
untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?
Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu!
Karena dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria berbagi kebahagiaan.
Karena dalam titik-titik kecil embun pagi, hati manusia menemukan fajar jati dan gairah segar kehidupan.
Hidup Bukan Tentang Itu

Hidup bukan tentang mengumpulkan nilai.
Bukan tentang berapa banyak orang yang menelponmu.
Dan juga bukan tentang siapa pacarmu atau mantan pacarmu.
Bukan tentang siapa yang telah menyakitimu.
Olahraga apa yang kau mainkan.
Pemuda atau gadis mana yang menyukaimu.
Bukan tentang sepatumu, rambutmu, atau warna kulitmu.
Tempat tinggalmu atau sekolahmu.
Bahkan, juga bukan tentang nilai-nilai ujianmu.
Uang, baju, atau perguruan tinggi yang menerimamu.
Hidup ini bukan tentang apakah kau memiliki banyak teman.
Atau apakah kau seorang diri.
Dan bukan tentang apakah kau diterima atau tidak oleh lingkunganmu.
Hidup bukanlah tentang itu.

Namun, hidup ini adalah tentang siapa yang kau cintai dan kau sakiti.
Tentang bagaimana perasaanmu.
Tentang dirimu sendiri.
Tentang kepercayaan dan kebahagiaan.
Hidup adalah tentang menghindari rasa cemburu.
Mengatasi rasa tidak peduli dan membina kepercayaan.
Tentang apa yang kau katakan.
Dan yang kau maksudkan.
Tentang menghargai orang apa adanya.
Bukan karena apa yang dimilikinya.
Dan yang terpenting, hidup ini adalah tentang memilih.
Memilih akan menggunakan hidupmu untuk menolong hidup orang lain dengan cara yang tak bisa digantikan dengan cara lain.
Hidup adalah tentang pilihan-pilihan itu.
Jika kau mampu mempertahankan keberanianmu saat orang di sekitarmu kehilangan keberanian mereka dan menyalahkanmu.

Jika kau dapat mempercayai dirimu saat semua orang meragukanmu tapi mentolerir keraguan mereka.

Jika kau bisa menunggu dan tak lelah menunggu, dibohongi tapi tak membohongi, dibenci tapi tak sudi membenci, juga tak tampil terlalu baik atau bicara terlalu bijak.

Jika kau dapat bermimpi dan tak membiarkan impian itu menguasaimu.

Jika kau dapat berpikir dan tak membiarkan pikiran itu menjadi tujuanmu.

Jika kau dapat menghadapi kemenangan dan bencana serta memperlakukan kedua penipu itu secara bersamaan.

Jika kau mampu bertahan ketika mendengar kebenaran yang kau ucapkan diputarbalikkan oleh si pencundang untuk menjebakmu.

Jika kau bisa memungut dan membangun kembali segala sesuatu yang kau cintai dengan peralatan usang, ketika kau melihatnya rusak.

Jika kau dapat menumpuk semua kemenanganmu, mempertaruhkannya dalam satu langkah, jika kalah maka mulai dari awal lagi.

Jika kau bisa untuk tidak membicarakan kesalahan orang lain.

Jika kau mampu bertahan di saat kau tak memiliki apa-apa.

Jika kau dapat berbicara dengan orang banyak dengan tetap mempertahankan nilai-nilaimu, atau berjalan bersama para Raja tanpa kehilangan jati dirimu.

Jika kau dapat mengisi menit-menit yang kosong dengan enam puluh detik yang berharga.

Maka milikmulah hidup ini dan semua yang ada di dalamnya.

Indahnya Persahabatan

Tiada mutiara sebening cinta..
Tiada sutra sehalus kasih sayang..
Tiada embun sesuci ketulusan hati..
Dan tiada hubungan seindah persahabatan..
Sahabat bukan

MATEMATIKA yang dapat dihitung nilainya..
EKONOMI yang mengharapkan materi..
PPKN yang dituntut oleh undang-undang..

Tetapi

Sahabat adalah SEJARAH yang dapat dikenang sepanjang masa..

Puisi Persahabatan

Sahabat tak ubahnya atmosfer
Yang melindungi semua makhluk di bumi
Dengan merdam sebuah energi besar
Menjadi sumber dari segala kehidupan

Sajak Persahabatan

Dan seorang remaja berkata,
Bicaralah pada kami tentang Persahabatan.
Dan dia menjawab:
Sahabat adalah keperluan jiwa, yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati,
yang kau taburi dengan kasih dan kau tuai dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.
Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa mahu kedamaian.

Bila dia berbicara, mengungkapkan fikirannya,
kau tiada takut membisikkan kata “Tidak”
di kalbumu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata “Ya”.

Dan bilamana dia diam,hatimu berhenti dari mendengar hatinya;
kerana tanpa ungkapan kata, dalam persahabatan,
segala fikiran, hasrat, dan keinginan dilahirkan bersama dan dikongsi,
dengan kegembiraan tiada terkirakan.

Di kala berpisah dengan sahabat, tiadalah kau berdukacita;

Kerana yang paling kau kasihi dalam dirinya,
mungkin kau nampak lebih jelas dalam ketiadaannya,
bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki,
nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya roh kejiwaan.

Kerana cinta yang mencari sesuatu di luar jangkauan misterinya,
bukanlah cinta,
tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenali pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu jika kau sentiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?

Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu!
Kerana dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan,
biarkanlah ada tawa ria dan berkongsi kegembiraan..
Karena dalam titisan kecil embun pagi,
hati manusia menemui fajar dan ghairah segar kehidupan.

Kata Buat Sahabat
sob tolong dong km baca kata2 persahat tan itu pasti km, lbih piir dewasa aku cyank km sob aku lebih cyank km daripada pcr he he he he emang ngak punya cie gmn cyank ma pcr???????? tp sumpa aku cyank persahbat tan kalau aku disuru milih aku pasti mili sahabat tp knp km ngak kayak aku km belah pcr di banding tmn ndri km bodoh rin!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! loh uda rasuki pikiran mu ma maya rind bener loh berdua tuh sahabat ku tp apa boleh buat kenyataan x gtw kok nie aku ima rind

persahabatan kita ngak boleh hancur!!!!!!!!!!!!!!!!
love u rindy and maya daer ima tenk u
q da lega ku ungkapin semua disin bey bey

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

sumber

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Halaman Depan « agus Putarawan - June 6, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: