//
you're reading...
Paper

Geometri Datar

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

Geometri datar

Geometri dalam matematika cendrung mempelajari titik-titik (ilmu ukur) yang ada.

ý  Perkembangan Geometri

Fase I

Perkembangan geometri pada fase I objeknya adalah benda-benda konkrit (benda-benda alam yang berada di sekeliling kita ini). Contoh: batu,batako,kayu,besi,dll. Mengamati benda-benda yang ada di alam dengan engguakan metode impiris (tidak memberi perlakuan pd objek yang ada). Setelah menggunakan metode impiris, diproleh rumus dengan menggunakan metode induksi.

Fase II

Perkembangan geometri pada fase II, objek tidak lagi benda-benda konkrit(benda-benda alam yang ada). Melainkan benda-benda yang ada dalam pikiran manusia. Contoh : garis lurus mempunyai panjang namun tidak memiliki lebar (di alam pikiran manusia), kertas dilipat-lipat dapat menjadi banggun geometri.

Membawa benda konkrit ke dalam pikiran manusia,melalui proses :

š  Proses idealisasi

Proses menyempurnakan dari pada benda-benda konkrit ke benda-benda alam pikiran. Contoh: benag yang penampangnya sangat kecil sehingga penampangnya tidak ada.

š Proses abstraksi

Dari benda/objek yang diamati ini hanya sebagai yang diamati. Dalam proses perkembanggan geometri pada fase II pada awalnya belum di temukan hubungan dalil yang satu ke dalil yang lainnya juga teorema, asioma,lema. Dengan perkembanggan IPTEK yang begitu cepat sehingga perkembanggan matematikapun menggikuti akhirnya para ahli matematika mencoba menghubungkan dalil,teorema,aksioma dan lema yang satu dengan yang lainnya.

ý  Hypokraktus

Phitagoras

L¼r=L¼ l+L¼ n

V+III+IV=I+III+II+IV

V=I+II

Fase III

Perkembanggan geometri pada fase III ini, objeknya tidak lagi berbicara benda-benda alam, melainkan benda-benda yang ada di alam pikiran manusia. Jadi metode pendekatan induktif tidak diperkenankan digunakan pada fase III melainkan dalam proses pendekatan ini, kita coba gunakan metode deduktif ] umum ] khusus.

Fase IV

Perkembanggan geometri pada fase IV setelah proses perkembanggan I,II, dan III pada fase IV objeknya tidak hanya bangun-bangun geometri saja melainkan keseluruhan dari pada materi matematika yang ada asalkan tidak bertentangan dengan aksioma, teorema, dalil dan lema tidak bertentangan dengan aksioma yang lain. Misalnya kita tidak hanya membicarakan tentang garis lurus, lingkaran melainkan berbicara aljabar, kalkulus dan materi yang lainnya.

 

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

 

Untuk mendapatkan file yang lengkap silahkan dwonload link di bawah ini:

Geometri datar

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: