//
you're reading...
Paper

dampak dari perkembangan / Pengaruh perkembangan IPTEK tugas paper

TUGAS

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

“DAMPAK DARI PERKEMBANGAN

TEKNOLOGI”

OLEH:

I WAYAN AGUS PUTRAWAN (2008.V.1.0093)

 

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA BALI

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA

INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU

PENDIDIKAN (IKIP) PGRI BALI

2009

KATA PENGANTAR

 

“Om Swastyastu”

Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas berkat rahmatnyalah kami dapat menyelesaikan paper ini yang berjudul “Dampak Dari Perkembangan Teknologi” selesai tepat pada waktunya.

Tentu saja dalam penyelesaian tugas ini kami selaku penulis tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu kami sehingga paper ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya.

Kami menyadari paper ini masih jauh dari sempurna, maka dari itu kami mohon saran dan kritik dari pembaca demi menyempurnakan paper ini di kemudian hari. Atas kritik dan sarannya kami ucapkan terima kasih.

“Om Shantih, Shantih, Shantih Om”

Gianyar, 11 Oktober 2009

Penulis

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………… i

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………….. ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………………… 1

1.2 Rumusan Masalah………………………………………………………………………. 2

1.3 Tujuan Penelitian……………………………………………………………………….. 2

1.4 Manfaat Penelitian……………………………………………………………………… 2

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Teknologi …………………………………………………………………. 3

2.2 Pelaksanaan Dan Pengembangan Iptek Di Indonesia……………………… 4

2.3 Dampak Perkembangan Iptek Menurut Bidangnya………………………… 5

2.4 Dampak Positif Dan Negatif Perkembangan Iptek……………………….. 11

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………… 15

3.2 Saran-saran………………………………………………………………………………. 15

Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………………. 17


BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.

Di era globalisasi pada masa sekarang ini, memaksa kita khususnya masyarakat Indonesia untuk bisa mengenal dan memahami berbagai perkembangan IPTEK, namun demikian tidak sedikit dari kita yang serba ketinggalan dengan perkembangan IPTEK. Secara jangka panjang, perkembangan IPTEK memberikan arti yang sangat positif, namun di sisi lain, tidak sedikit pula yang membawa dampak negative.

Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

B. Rumusan Masalah

Berpijak dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan paper ini adalah :

1)      Apa saja pengertian teknologi menurut para ahli?

2)      Bagaimana pelaksanaan dan pengembangan iptek di Indonesia?

3)      Apa saja dampak perkembangan iptek menurut bidangnya?

4)      Apakah dampak positif dan negatif yang dapat ditimbulkan dari pesatnya kemajun teknologi terhadap kehidupan manusia?

C. Tujuan Penelitian

1)      Untuk mengetahui pengertian teknologi menurut para ahli.

2)      Untuk mengetahui pelaksanaan dan pengembangan iptek di Indonesia.

3)      Untuk mengetahui Apa saja dampak perkembangan iptek menurut bidangnya.

4)      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif yang terjadi bila kemajuan teknologi semakin pesat.

 

D. Manfaat Penelitian

1)     Mengetahui pengertian teknologi menurut para ahli.

2)     Mengetahui pelaksanaan dan pengembangan iptek di Indonesia.

3)     Mengetahui Apa saja dampak perkembangan iptek menurut bidangnya.

4)     Mengetahui dampak positif dan negatif yang terjadi bila kemajuan teknologi semakin pesat.

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1  Pengertian Teknologi

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera dan otak manusia.

Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967) memberi arti teknologi sebagai “keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”. Pengertian teknologi secara umum adalah:

  • Sebuah proses yang meningkatkan nilai tambah;
  • Sebuah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja;
  • Sebuah Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan.

2.2  Pelaksanaan Dan Pengembangan Iptek Di Indonesia

Peradaban bangsa dan masyarakat dunia di masa depan sudah dipahami dan disadari akan berhadapan dengan situasi serba kompleks dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan, sebut saja antara lain; cloning, cosmology, cryonics, cyberneties, exobiology, genetic, engineering dan nanotechnology. Cabang-cabang teknologi itu telah memunculkan berbagai perkembangan yang sangat cepat dengan implikasi yang menguntungkan bagi manusia atau sebaliknya.

Untuk mendayagunakan teknologi diperlukan nilai-nilai luhur agar dapat dipertanggungjawabkan. Rumusan 4 (empat) nilai luhur pembangunan teknologi Nasional, yaitu :

a)      Accountable, penerapan teknologi harus dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral, lingkungan, finansial, bahkan dampak politis.

b)      Visionary, pembangunan Iptek memberikan solusi strategis dan jangka panjang, tetapi taktis dimasa kini, tidak bersifat sektoral dan tidak hanya memberi implikasi terbatas.

c)      Innovative, asal katanya adalah “innovere” yang artinya temuan baru yang bermanfaat. Nilai luhur pembangunan Iptek artinya adalah berorientasi pada segala sesuatu yang baru, dan memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya untuk memproduksi inovasi baru dalam upaya inovatif untuk meningkatkan produktifitas.

d)     Excellence, keseluruhan tahapan pembangunan teknologi mulai dari fase inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, implikasi pada bangsa harus baik, yang terbaik atau berusaha menuju yang terbaik.

Pesatnya kemajuan teknologi memerlukan penguasaan, pemanfaatan, dan kemajuan teknologi untuk memperkuat posisi daya saing Indonesia dalam kehidupan global.

2.3  Dampak Perkembangan Iptek Menurut Bidangnya

Dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu. Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia

Tentu saja teknologi tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu teknologi tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang :

1.   Bidang Informasi dan komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

  1. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet;
  2. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone;
  3. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

  1. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas);
  2. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu;
  3. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet;
  4. Kecemasan teknologi      Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: