//
you're reading...
Paper

Paper Klas Mamalia

 KLAS MAMALIA

 

 

 Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

 

 

 

 

Drs. I WAYAN SUANA

OLEH:

 

  • Ø NI KETUT MURNIATI                                  (2009.V.2.0063)
  • Ø NI WAYAN EKAYUNI                                   (2009.V.2.0064)
  • Ø NI LUH PUTU FUJISUKARDI AGUSTINI (2009.V.2.0065)
  • Ø NI MADE WIJAYANTI                                  (2009.V.2.0066)
  • Ø A.A.PADMA MULYASARI                            (2009.V.2.0068)
  • Ø NI NYOMAN SRIANI                                     (2009.V.2.0072)
  • Ø NI WAYAN PURNIARI                                  (2009.V.2.0073)
  • Ø NI MADE DEVI KUSUMAYANTHI             (2009.V.2.0082)
  • Ø NI MADE NINIK                                             (2009.V.2.0088)
  • Ø NI KOMANG PRADNYANI WULAN SARI       (2009.V.2.0091)

 

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN

ILMU PENGETAHUAN ALAM

INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

(IKIP) PGRI BALI

2011

KATA PENGANTAR

 

“Om Swastyastu”

Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas berkat rahmatnyalah penulis dapat menyelesaikan tugas Profesi Pendidikan yang di tugaskan oleh dosen Dra. I Gusti Ayu Rai,M.Si, yang berjudul “KELAS MAMALIA” selesai tepat pada waktunya.

Tentu saja dalam penyelesaian karya ilmiah ini selaku penulis tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu sehingga  karya ilmiah ini dapat penulis selesaikan tepat pada waktunya.

Penulis menyadari karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, maka dari itu penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi menyempurnakan karya ilmiah ini di kemudian hari. Atas kritik dan sarannya penulis ucapkan terimakasih.

“Om Shantih, Shantih, Shantih Om”

Gianyar, 2 Juni 2011

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………..

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………….

BAB I. PENDAHULUAN ………………………………………………………………………

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan dan Manfaat

BAB II.PEMBAHASAN

  1. Konsep Dasar Sikap Dan Prilaku
  2. Sikap Dan Prilaku Guru Yang Profesional
  3. Faktor Penyebab Sikap dan Prilaku Guru Menyimpang

BAB III PENUTUP

  1. Kesimpulan

B . Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang Masalah

Kingdom animalia memiliki beberapa tingkatan untuk membagi hewan-hewan yang terdapat di muka bumi ini. Tingkatan tertinggi pada kingdom animalia tersebut adalah mamalia. Pada umumnya, semua jenis mamalia memiliki rambut yang menutupi tubuhnya. Jumlah rambut tersebut berbeda-beda antara spesies yang satu dengan yang lain. Ada spesies yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh rambut dan ada pula spesies yang hanya memiliki rambut di tempat-tempat tertentu pada bagian tubuhnya. Mamalia merupakan hewan yang bersifat homoioterm atau sering disebut hewan berdarah panas. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Sebutan mamalia sendiri berasal dari keberadaan glandula (kelenjar) mamae pada tubuh mereka yang berfungsi sebagai penyuplai susu. Seperti yang kita ketahui bahwa mamalia betina menyusui anaknya dengan memanfaatkan keberadaan kelenjar tersebut. Walaupun mamalia jantan tidak menyusui anaknya, bukan berarti mereka tidak memiliki kelenjar mamae. Semua mamalia memiliki kelenjar mamae, tetapi pada mamalia jantan kelenjar ini tidaklah berfungsi sebagaimana pada mamalia betina.

Seperti telah dikatakan sebelumnya bahwa mamalia merupakan tingkatan tertinggi pada kerajaan hewan. Hal ini mengakibatkan segala proses yang dilakukan oleh mamalia lebih tinggi daripada jenis animalia lainnya. Mulai dari sistem pencernaan, pernafasan, peredaran darah, urogenital, hingga sistem syarafnya. Oleh karena itu perlulah kita mengetahui tentang karakteristik, struktur tubuh, cara hidup, dan habitat dari class mamalia beserta peranannya dalam kehidupan manusia guna menunjang pengetahuan kita.

  1. B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan secara terperinci dengan materi pembelajaran yang terangkum antara lain:

  1. Bagaimanakah pengertian mamalia?
  2. Bagaimanakah ciri-ciri mamalia?
  3. Bagaimanakah struktur tubuh mamalia?
  4. Bagaimanakah anatomi tubuh mamalia?
  5. Bagaimanakah klasifikasi mamalia?
  1. C.    Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian mamalia.
  2. Untuk mengetahui ciri-ciri mamalia.
  3. Untuk mengetahui strukturtubuh mamalia.
  4. Untuk mengetahui anatomi tubuh mamalia.
  5. Untuk mengetahui klasifikasi mamalia.

BAB II

PEMBAHASAN

Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya Kelenjar susu, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau berdarah panasOtak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang beruang empat. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai. Termasuk di dalam kelas ini adalah anjing, kelinci, tikus, lumba-lumba, kucing, berang-berang, gajah, kanguru, kelelawar, kera, kuda, manusia, dan lain-lain.

Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata dan mamalia therian plasenta dan berkantung atau (marsupial). Mamalia berasal dari kata mammilae yang berarti hewan menyusui, suatu kelas vertebrata (hewan bertulang belakang) dengan ciri seperti adanya bulu dibadan dan adanya kelenjar susu pada betina. Semua spesies mamalia memiliki kelenjar susu. Mamalia terdiri dari monotremata (hewan berkloaka atau mamalia petelur). Marsupialia (hewan berkantung atau hewan dengan kantung tempat anaknya tinggal beberapa waktu sesudah lahir) dan mamalia placental disebut juga placentalia (hewan yang memberi makan pada janin melalui placenta sejati).

  1. A.    CiriCiri Hewan Mamalia

Hewan Mamalia memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:

  1. Betina memiliki kelenjar susu disisi bawah tubuh (didada, perut bahkan diketiak). Kelenjar susu memliki puting, susu didapat dengan menghisap puting. Monotremata tidak memiliki puting. Produksi susu diatur hormon yang keluar waktu hamil, jantan hanya memiliki kelenjar susu yang sudah menyusut.
  2. Tubuh biasanya di liputi bulu atau rambut yang lepas secara periodic.
  3. Cranium atau tempurung kepala memiliki dua occipitale condyle.
  4. Regio nasalis (bagian dari hidung) umumnya silindris; mulutnya mengandung gigi (jarang tidak terdapat) yang tertanam dalam kantung (Aviola).
  5. Memiliki 4 anggota atau kaki (kecuali anjing laut dan singa laut tidak memiliki kaki belakang).
  6. Cor atau jantung sempurna terbagi atas 4 ruangan (dua Auricula, dua Ventricula), hanya archus aorticus sinistrum masih ada,, erythrocytnya tidak berinti, biasanya bulat.
  7. Pernafasannya hanya dengan pulmo (paru-paru), larynx mempunyai tali suara, memiliki musculus diaphragmaticus yang sempurna memisahkan pulmo dan cor dengan rongga abdominalis.
  8. Memiliki vesica urinaria; Hsil ekskresi berupa cairan urine
  9. Memilki dua belas Nervi cranialis, otak berkembang baik.
  10. Suhu Tubuh tetap (Homoiotherm)
  11. Pada hewan jantan memilki alat Kopulasi berupa Penis, Testis umumnya terdapat dalam scrotum yang terletak di luar abdomen.
  1. B.     STRUKTUR DAN FUNGSI

Bentuk tubuh bermacam-macam di bungkus oleh kulit yang berbulu dan berambut, terdiri atas caput cervix dan truncus. Pada caput terdapat rima oris yang di batasi oleh labium superior (bibir atas) dan labium inferior (bibir bawah). Diatas mulut terdapat nares yang merupakan dua celah yang condong. Oganon visus memiliki pelpebrae superior dan pelpebra inferior. Dibelakang Oganon visus terdapat auriculae atau pinnae (daun telinga) sebagai corong dari porus acusticus exsterna (lubang telinga luar).

Truncus dipisahkan dari caput columna vertebrae cervicalis dan dibagi atass beberapa daerahThorax, Abdomen, Dorsum, Glutea (pantat), pirenium yaitu daerah sempit antara lubang anus dan urogenitalis.

  1. a.Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: