TUGAS PENGANTAR PENDIDIKAN
“GURU SEBAGAI MEDIATOR DALAM PEMBELAJARAN”
Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com
OLEH:
Ni Komang Krisnadewi (2009.II.4.0027)
Kadek Sudianto (2009.II.4.0012)
I Kadek Mahendra (2009.II.4.0062)
Ni Md Dian Septiari K. (2009.II.4.0017)
Yudika Ekaudi Cisy A. (2009.II.4.0002)
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA BALI
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN (IKIP) PGRI
BALI 2010
KATA PENGANTAR
“Om Swastyastu”
Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas berkat rahmatnyalah kami dapat menyelesaikan paper ini yang berjudul “Guru Sebagai Mediator Dalam Pembelajaran” selesai tepat pada waktunya.
Tentu saja dalam penyelesaian tugas ini kami selaku penulis tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu kami sehingga paper ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya.
Kami menyadari paper ini masih jauh dari sempurna, maka dari itu kami mohon saran dan kritik dari pembaca demi menyempurnakan paper ini di kemudian hari. Atas kritik dan sarannya kami ucapkan terima kasih.
“Om Shantih, Shantih, Shantih Om”
Gianyar, Januari 2010
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………… i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………………….. 1
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………………… 1
1.2 Pokok Masalah…………………………………………………………………………… 2
1.3 Tujuan dan Kegunaan…………………………………………………………………. 2
1.4 Metode Penelitian………………………………………………………………………. 2
BAB II ISI ………………………………………………………………………………………………. 3
2.1 Landasan Teori………………………………………………………………………….. 3
2.2 Pembahasan………………………………………………………………………………. 3
BAB III PENUTUP…………………………………………………………………………………. 11
3.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………… 11
3.2 Saran-saran………………………………………………………………………………. 11
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………………. 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah sebuah system yang terdiri dari unsur-unsur yang saling berkaitan. Jika unsur yang stau tidak berkaitan dengan unsur yang lain, maka pendidikan tidak akan mencapai hasil yang maksimal.
Tapi juga sebaliknya, jika unsur-unsur tersebut dapat saling bekerjasama maka tujuan pendidikan akan berhasil dan tercapai. Unsur-unsur tersebut diantaranya peserta didik, pendidik, kurikulum, media pembelajaran, sarana pra sarana dan segala sesuatu yang menunjang keberhasilan pembelajaran.
Salah satu peranan penting didalam keberhasilan pendidik adalah pendidik atau guru. Guru adalah suatu profesi yang sangat kompleks, dimana guru itu mempunyai tugas dan peranan-peranan, dan peranan yang dianggap paling dominan dapat diklasifikasikan sebagai berikut : guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator, guru sebagai evaluator, peran guru dalam pengadministrasian, peran guru secara pribadi, peran guru secara psikologi. Dari berbagai peranan guru, penulis akan membahas salah satu peranan guru didalam paper ini yaitu guru sebagai mediator.
1.2 Pokok Masalah
Adapun yang menjadi pokok masalah dalam paper yang kami tulis ini adalah bagaimana peranan guru sebagai mediator dalam pendidikan, tantangan kedepannya bagi guru profesional di dalam profesinya.
1.3 Tujuan dan Kegunaan
Tujuan dan kegunaan dari pembuatan paper ini antara lain:
1. Merupakan tugas mata kuliah pengantar pendidikan.
2. Mengetahui pengertian profesional seorang guru.
3. Mengetahui perilaku profesional guru.
4. Memahami tantangan guru profesional.
1.4 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam paper ini adalah menggunakan metode Studi dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari dan mencatat berbagai informasi mengenai guru sebagai mediator dalam pendidikan dari berbagai sumber, baik dari buku, internet dan yang lainnya.
Dari data-data yang diperoleh tersebut kemudian diolah dan disusun menjadi suatu paper dengan pembagian menjadi tiga bab seperti yang digunakan dalam paper ini.
Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com
Discussion
No comments yet.