//
you're reading...
Paper

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATERI SISTEM HUKUM NASIONAL DI KELAS XA SMAN ………………..

PENINGKATAN  PEMAHAMAN  SISWA  PADA  MATA

PELAJARAN  PKn  MELALUI  PEMBELAJARAN

KOOPERATIF  TIPE  STAD  MATERI  SISTEM

HUKUM  NASIONAL  DI  KELAS  XA

SMAN ………………..

OLEH

Dra.SULIS MERFANTI

DIBIAYAI  OLEH

BLOCK  GRANT  PTK

DIREKTORAT  PROFESI  PENDIDIK

DIREKTORAT  JENDERAL  PENINGKATAN  MUTU  PENDIDIK

DAN  TENAGA  KEPENDIDIKAN

DEPARTEMEN  PENDIDIKAN  NASIONAL

SMA  NEGERI ………………..  THN  2007


 

KATA  PENGANTAR

 

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmatnya  laporan penelitian  yang berjudul  Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Sistem Hukum Nasional Di Kelas Xa , SMA  Negeri 2 Pontianak, dapat diselesaikan.

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman siswa          Pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD,          Khususnya pada materi sistm hukum Nasional.

Tim peneliti sangat menyadari bahwa laporan ini dapat diselesaikan          berkat bantuan dan motivasi dari berbagai pihak. Untuk itu dalam kesempatan          ini  Tim Peneliti menyampaikan ucapan terima kasih yang setulusnya kepada         pihak-pihak yang telah membantu, terutama kepada :

  1. Pimpinan Proyek Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada             Masyarakat Ditjen, Dikti, Depdiknas RI yang telah menyalurkan dana             Untuk membiayai kegiatan ini.
  2. Rektor Universitas Tanjungpura Cq. Ketua Lembaga Penelitian atas             Kepercayaannya untuk melaksanakan kegiatan penelitian ini.
  3. Dekan dan pembantu Dekan FKIP Untan atas izin an perseujuannya dalam             Pelaksanaan  penelitian ini.
  4. Kepala SMA Negeri 2 dan guru PKn yang telah bersedia berkolaborasi Serta membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan.
  5. Pihak-pihak lain yang namanya tidak disebutkan.

Akhirnya, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat Konstruktif untuk menyempurnakan laporan ini. Harapan kami semoga laporan Penelitian ini bermanfaat.

Pontianak,     November 2007

Tim Peneliti

ABSTRAK

MENINGKATKAN  PEMAHAMAN  SISWA  PADA MATA

PELAJARAN   PKn   MELALUI   PEMBELAJARAN

KOOPERATIF  TIPE  STAD  MATERI  SISTEM

HUKUM  NASIONAL  DI  KELAS  Xa

SMA  NEGERI ………………..

Oleh

Sulis Merfanti,

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi PKn melalui pembelajaran kooperatif  tipe STAD , khususnya materi sistem hukum Nasional. Masalah yang dihadapi guru adalah pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn masih relatif rendah, terutama materi sistem hukum Nasional.

Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas Xa, SMA Negeri 2 Pontianak. Kegiatan dilakukan sebanyak  tiga  siklus tindakan. Pola Umum Procedure pada setiap tindakan adalah : (1) perencanaan  (2) pelaksanaan, (3) observasi  (4) refleksi Hasil Penelitian  tindakan menunjukkan   :  (1) terjadi peningkatan pemahaman siswa pada materi sistem hukum nasional   (2) hasil siswa mengalami peningkatan sebesar  0.50 % dari nilai siklus I , dan meningkat sebesar  1,03 % pada siklus II, (3) nilai rata-rata ulangan pada siklus III, 1,05%

Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD    

DAFTAR  ISI

                                                                                                    Halaman

            KATA  PENGANTAR  ……………………………………………     i

ABSTRAK   ……………………………………………………….     ii

ABSTRACK  ………………………………………………………    iii

DAFTAR  ISI  ……………………………………………………..     iv

DAFTAR  LAMPIRAN  …………………………………………..      v

DAFTAR  GAMBAR  ……………………………………………..     vi

BAB  I          PENDAHULUAN ……………………………………… 1

A. Latar Belakang Masalah  …………………………….  1

B. Pemecahan Masalah  …………………………………

C. Tujuan Penelitian …………………………………….

D. Manfaat  Penelitian …………………………………..

BAB  II        KAJIAN  TEORI DAN  PUSTAKA  ……………………

BAB  III       METODE  PENELITIAN ……………………………..

A. Pendekatan dan jenis Penelitian ……………………

B. Setting Penelitian …………………………………..

C. Data dan Sumber Data ……………………………..

D. Teknik Pengumpul Data …………………………..

E. Teknik Analisa Data  ………………………………

F. Monitoring Pelaksanaan Tindakan  ………………..

G. Pengecekan Keabsahan Data ………………………

H. Rancangan Penelitian  ………………………………

I. Prosedure  Peneltian  ………………………………..

BAB IV.   TINDAKAN, HASIL DAN  PEMBAHASAN …………

  1. Deskripsi, Tindakan dan Hasil Siklus I ……………..
  2. Deskripsi, Tindakan dan Hasil Siklus  II …………..
  3. Pembahasan Hasil Penelitian  ……………………..

BAB  V.     SIMPULAN  DAN  SARAN   ………………………..

A. Simpulan ……………………………………………

B. Saran  ……………………………………………….

DAFTAR   PUSTAKA  ……………………………………………

iv

BAB  I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Pembelajaran PKn sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting.Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang akan  dihadapi.

Selama ini proses pembelajaran  PKn di kls Xa kebanyakan masih mengunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal ( 3DCH ) Sehingga Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak akan  meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran PKn.Akibatnya nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Di kelas Xa selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab, siswa yang yang aktif hanya 55 %, dan siswa yang mempunyai kemampuan menjawab  40%   Pada pelaksanaan ujian Blok tgl 3 September 2007, hasil yang dicapai siswa kls Xa  sangat jauh dari memuaskan,dimana hanya mendapat daya serap kurang dari 60% atau nilai rata-rata kls kurang dari 5, berdasarkan analisis situasi / latar belakang diatas maka penulis berkeinginan untuk memperbaiki / mengadakan inovasi pembelajaran.

Memperhatikan permasalahan diatas , sudah selayaknya dalam         pengajaran PKn dilakukan suatu inovasi. Jika dalam pembelajaran yang  terjadi sebagian besar dilakukan oleh masing-masing siswa , maka dalam penelitian ini akan diupayakan peningkatan pemahaman siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achiement Division ).

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pendekatan pengajaran         yang efektif dalam pencapaian tujuan pendidikan , khususnya dalam          Keterampiln Interpersonal siswa  ( Badeni, 1998 ). Salah satu pendekatan  pembelajaran koperatif adalah dengan tipe STAD ( Student Team Achiement Division ) .

Diharapkan melalui pembelajaran kooperatif  dengan tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Serta semangat kebersamaan  dan saling membantu dalam menguasai materi PKn. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman  yang Optimal terhadap mata pelajaran PKn.

Permasalahan dalam penelitian ini  adalah  tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. banyak faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadi permasalahan tersebut diatas.

Dengan merefleksi bersama antar guru teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab masalah tersebut, yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional, dominasi guru dalam kelas dominan (teacher  centered strategi).

Oleh karena itu perlu dicari jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut         Sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, kreatif,         bisa bekerja sama dan membangun daya pikir yang optimal. Untuk itu melalui       penelitian ini akan dicobakan suatu metode pembelajaran  kooperatif tipe STAD,       Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD  adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok ter     tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa      menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe STAD       menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi      saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas, masalah       yang perlu dicarikan pemecahannya melalui penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut : ” Apakah pembelajaran koperatife tipe STAD dapat        Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem hukum        Nasional di Kelas Xa SMAN 2 Pontianak ?

Untuk Lebih lengkapnya, bisa di baca n klik  blogger ini Ilmuhamster.blogspot.com

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: